Model 7s McKinsey

Model 7s McKinsey  adalah alat yang menganalisis desain organisasi perusahaan dengan melihat 7 elemen internal utama: strategi, struktur, sistem, nilai-nilai bersama, gaya, staf dan keterampilan, untuk mengidentifikasi apakah mereka secara efektif selaras dan memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya .

Model 7s McKinsey dikembangkan pada tahun 1980 oleh konsultan McKinsey Tom Peters, Robert Waterman dan Julien Philips dengan bantuan dari Richard Pascale dan Anthony G. Athos. Sejak diperkenalkan, model ini telah banyak digunakan oleh para akademisi dan praktisi dan tetap menjadi salah satu alat perencanaan strategis yang paling populer. Model 7s McKinsey berusaha untuk menyajikan penekanan pada sumber daya manusia (Soft S), daripada produksi tradisional tangibles modal, infrastruktur dan peralatan, sebagai kunci untuk kinerja organisasi yang lebih tinggi. Tujuan model adalah untuk menunjukkan bagaimana 7 elemen perusahaan: Struktur, Strategi, Keterampilan, Staf, Gaya, Sistem, dan nilai-nilai Bersama, dapat diselaraskan bersama untuk mencapai efektivitas dalam perusahaan. Titik kunci dari model ini adalah bahwa semua tujuh bidang saling berhubungan dan perubahan dalam satu bidang membutuhkan perubahan di seluruh perusahaan agar berfungsi secara efektif.

Di bawah ini Anda dapat menemukan model McKinsey, yang mewakili hubungan antara tujuh area dan membagi mereka menjadi ‘Soft Ss’ dan ‘Hard Ss’.

Bentuk model menekankan keterkaitan elemen-elemen. Model dapat diterapkan ke banyak situasi dan merupakan alat yang berharga ketika desain organisasi dipertanyakan. Penggunaan kerangka kerja yang paling umum adalah:

  • Untuk memfasilitasi perubahan organisasi.
  • Untuk membantu menerapkan strategi baru.
  • Untuk mengidentifikasi bagaimana setiap area dapat berubah di masa depan.
  • Untuk memfasilitasi penggabungan organisasi.

Faktor 7s

Dalam model McKinsey, tujuh bidang organisasi dibagi menjadi area ‘lunak’ dan ‘keras’. Strategi, struktur, dan sistem adalah elemen keras yang lebih mudah diidentifikasi dan dikelola bila dibandingkan dengan elemen lunak. Di sisi lain, area lunak, meskipun sulit untuk dikelola, adalah pondasi organisasi dan dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Strategi adalah rencana yang dikembangkan oleh perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dan berhasil bersaing di pasar. Apa yang dimaksud dengan strategi yang diselaraskan dengan baik dalam model 7s McKinsey? Secara umum, strategi yang bagus adalah strategi yang diartikulasikan dengan jelas, bersifat jangka panjang, membantu mencapai keunggulan kompetitif dan diperkuat oleh visi, misi, dan nilai yang kuat. Tetapi sulit untuk mengetahui apakah strategi tersebut selaras dengan elemen lain ketika dianalisis sendiri. Jadi kunci dalam model 7s bukan untuk melihat perusahaan Anda untuk menemukan strategi, struktur, sistem yang hebat, dan lain-lain, tetapi untuk melihat apakah itu selaras dengan elemen lain. Sebagai contoh, strategi jangka pendek biasanya merupakan pilihan yang buruk untuk sebuah perusahaan tetapi jika diselaraskan dengan 6 elemen lainnya, maka itu dapat memberikan hasil yang kuat.

Struktur merepresentasikan cara divisi dan unit bisnis diatur dan termasuk informasi siapa yang bertanggung jawab kepada siapa. Dengan kata lain, struktur adalah bagan organisasi perusahaan. Ini juga merupakan salah satu elemen kerangka kerja yang paling mudah dilihat dan mudah diubah.

Sistem adalah proses dan prosedur perusahaan, yang mengungkapkan aktivitas harian bisnis dan bagaimana keputusan dibuat. Sistem adalah area dari perusahaan yang menentukan bagaimana bisnis dilakukan dan itu harus menjadi fokus utama bagi manajer selama perubahan organisasi.

Keterampilan adalah kemampuan yang dilakukan oleh karyawan perusahaan dengan sangat baik. Mereka juga termasuk kemampuan dan kompetensi. Selama perubahan organisasi, pertanyaan sering muncul dari keterampilan yaitu ketrampilan apa yang benar-benar diperlukan perusahaan untuk memperkuat strategi baru atau struktur baru.

Unsur staf berkaitan dengan jenis dan berapa banyak karyawan yang dibutuhkan organisasi dan bagaimana mereka akan direkrut, dilatih, dimotivasi dan diberi imbalan.

Gaya mewakili cara perusahaan dikelola oleh manajer tingkat atas, bagaimana mereka berinteraksi, tindakan apa yang mereka ambil dan nilai simbolis mereka. Dengan kata lain, itu adalah gaya manajemen para pemimpin perusahaan.

Nilai Bersama merupakan inti dari model McKinsey 7s. Mereka adalah norma dan standar yang memandu perilaku karyawan dan tindakan perusahaan dan dengan demikian, adalah dasar dari setiap organisasi.

Menyusun Model 7s McKinsey

Seperti yang kami tunjukkan sebelumnya, kerangka kerja McKinsey 7s sering digunakan ketika desain dan efektivitas organisasi dipertanyakan. Sangat mudah untuk memahami model tetapi jauh lebih sulit untuk menerapkannya untuk organisasi Anda karena kesalahpahaman umum tentang apa yang seharusnya menjadi elemen yang selaras dengan baik.

Kami menyediakan langkah-langkah berikut yang seharusnya membantu Anda untuk menerapkan alat ini:

Langkah 1. Identifikasi area-area yang tidak selaras secara efektif

Selama langkah pertama, tujuan Anda adalah untuk melihat elemen 7S dan mengidentifikasi apakah mereka secara efektif selaras satu sama lain. Biasanya, Anda seharusnya sudah menyadari bagaimana 7 elemen disejajarkan di perusahaan Anda, tetapi jika Anda tidak dapat menggunakan daftar periksa dari WhittBlog untuk melakukan itu. Setelah Anda menjawab pertanyaan yang diuraikan di sana, Anda harus mencari celah, ketidakkonsistenan, dan kelemahan di antara hubungan unsur-unsur tersebut. Misalnya, Anda merancang strategi yang bergantung pada pengenalan produk secara masif tetapi struktur matriks dengan hubungan yang saling bertentangan menghalangi sehingga ada konflik yang mengharuskan perubahan dalam strategi atau struktur.

Langkah 2. Tentukan desain organisasi yang optimal

Dengan bantuan dari manajemen puncak, langkah kedua Anda adalah untuk mengetahui apa desain organisasi yang efektif yang ingin Anda capai. Dengan mengetahui keselarasan yang diinginkan, Anda dapat menetapkan tujuan Anda dan membuat rencana aksi menjadi jauh lebih mudah. Langkah ini tidak sesederhana mengidentifikasi bagaimana tujuh area saat ini disejajarkan dalam organisasi Anda karena beberapa alasan. Pertama, Anda perlu menemukan penyelarasan optimal terbaik, yang tidak Anda ketahui saat ini, sehingga memerlukan lebih dari sekadar menjawab pertanyaan atau mengumpulkan data. Kedua, tidak ada template atau desain organisasi yang telah ditentukan yang dapat Anda gunakan dan Anda harus melakukan banyak penelitian atau pembandingan untuk mencari tahu bagaimana organisasi serupa lainnya menghadapi perubahan organisasi atau desain organisasi apa yang mereka gunakan.

Langkah 3. Tentukan di mana dan perubahan apa yang harus dilakukan

Ini pada dasarnya adalah rencana tindakan Anda, yang akan merinci area yang ingin Anda realign dan bagaimana Anda ingin melakukannya. Jika Anda menemukan bahwa struktur dan gaya manajemen perusahaan Anda tidak selaras dengan nilai-nilai perusahaan, Anda harus memutuskan bagaimana mengatur kembali hubungan pelaporan dan manajer puncak mana yang harus dilepaskan perusahaan atau bagaimana memengaruhi mereka untuk mengubah gaya manajemen mereka sehingga perusahaan dapat bekerja. lebih efektif.

Langkah 4. Buat perubahan yang diperlukan

Implementasi adalah tahap yang paling penting dalam setiap proses, perubahan atau analisis dan hanya perubahan yang dilaksanakan dengan baik memiliki efek positif. Oleh karena itu, Anda harus mencari orang-orang di perusahaan Anda atau menyewa konsultan yang paling cocok untuk menerapkan perubahan.

Langkah 5. Terus tinjau 7s

Tujuh elemen: strategi, struktur, sistem, keterampilan, staf, gaya dan nilai-nilai bersifat dinamis dan berubah secara konstan. Perubahan dalam satu elemen selalu memiliki efek pada elemen lain dan memerlukan penerapan desain organisasi baru. Dengan demikian, peninjauan ulang secara terus menerus dari setiap area sangat penting.

2 Replies to “Model 7s McKinsey”

  1. saya sangat apresiasi tulisan2 bpk di kolom ini khusnya 7 S Mckinsey, saya ingin belajar lebih dalam lagi, bila ada workshop tentang itu saya mhn di undang untuk ikut tk

    salam

    1. Terimakasih atas feedback yang diberikan, semoga tulisan artikel tersebut dapat menambah manfaat dalam memahami Manajemen Strategi. Terkait workshop, rasanya dalam waktu dekat masih diadakan dalam bentuk webinar melalui Zoom. Silakan kontak melalui email untuk info lebih lengkap: [email protected] dan cc ke [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *