Keunggulan Kompetitif Perusahaan

Keunggulan kompetitif artinya keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan anda dibandingkan dengan pesaing dalam industri yang sama.

Apa keunggulan kompetitif suatu perusahaan?

Setiap perusahaan harus memiliki setidaknya satu keunggulan untuk berhasil bersaing di pasar. Jika sebuah perusahaan tidak dapat mengidentifikasi satu atau tidak memiliki, maka perusahaan tersebut akan kalah bersaing dengan perusahaan lain.

Ada banyak cara untuk memperoleh keunggulan, tapi secara dasar hanya ada 2 tipe yaitu keunggulan biaya dan keunggulan diferensiasi. Sebuah perusahaan yang mampu mencapai keunggulan dalam biaya atau diferensiasi mampu menawarkan konsumen sebuah produk dengan biaya lebih rendah atau dengan tingkat diferensiasi yang lebih tinggi dan yang terpenting, mampu bersaing dengan pesaingnya.

Sebuah organisasi yang mampu mengungguli kompetitornya dalam jangka waktu lama memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Diagram berikut menggambarkan model keunggulan kompetitif dasar, yang dijelaskan di bawah dalam artikel ini:

Bagaimana perusahaan bisa mencapainya?

Organisasi dapat mencapai keunggulan dibandingkan pesaingnya dalam dua cara berikut:

  1. Melalui perubahan eksternal. Ketika faktor PEST berubah, banyak peluang dapat muncul, jika dimanfaatkan dengan baik, maka dapat memberi banyak manfaat bagi sebuah organisasi. Sebuah perusahaan juga bisa mendapatkan keunggulan atas pesaingnya ketika mampu merespon perubahan eksternal lebih cepat daripada organisasi lainnya.
  2. Pengembangan internal perusahaan. Perusahaan dapat mencapai keuntungan biaya atau diferensiasi saat mengembangkan sumber daya VRIO, kompetensi unik atau melalui proses dan produk inovatif.

Perubahan Eksternal

Perubahan faktor PEST

PEST adalah singkatan dari faktor politik, ekonomi, sosial budaya dan teknologi yang mempengaruhi lingkungan eksternal perusahaan. Bila faktor ini banyak menimbulkan banyak peluang timbul yang bisa dimanfaatkan oleh sebuah organisasi untuk meraih keunggulan dibanding pesaingnya. Sebagai contoh, mesin unggul baru, yang diproduksi dan dijual hanya di Korea Selatan, akan menghasilkan biaya produksi yang lebih rendah untuk perusahaan Korea dan mereka akan mendapatkan keuntungan biaya dari pesaing di lingkungan global. Perubahan permintaan konsumen, seperti tren untuk makan makanan yang lebih sehat, dapat digunakan untuk mendapatkan setidaknya keuntungan diferensiasi sementara jika perusahaan memilih untuk menjual terutama produk makanan sehat sementara pesaing tidak mau. Misalnya, Subway dan KFC.

Jika peluang muncul karena perubahan lingkungan eksternal mengapa tidak semua perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari itu? Sederhana saja, perusahaan memiliki sumber daya, kompetensi dan kemampuan yang berbeda dan berbeda dipengaruhi oleh perubahan lingkungan industri atau makro.

Kemampuan perusahaan untuk merespon cepat perubahan

Keuntungan juga bisa didapat saat sebuah perusahaan adalah yang pertama mengeksploitasi perubahan eksternal. Jika tidak, jika perusahaan lambat merespons perubahan, hal itu mungkin tidak akan pernah menguntungkan peluang yang timbul.

Lingkungan internal

Sumber daya VRIO

Sebuah perusahaan yang memiliki sumber daya VRIO (berharga, langka, sulit ditiru dan teratur) memiliki kelebihan dibanding kompetitornya karena keunggulan sumber daya semacam itu. Jika satu perusahaan memperoleh sumber daya VRIO, tidak ada perusahaan lain yang bisa mendapatkannya (setidaknya untuk sementara). Sumber berikut memiliki atribut VRIO:

  1. Kekayaan Intelektual (hak paten, hak cipta, merek dagang)
  2. Ekuitas merek
  3. Budaya
  4. Tahu-bagaimana
  5. Reputasi

Kompetensi unik

Kompetensi adalah kemampuan untuk melakukan tugas dengan memauskan dan merupakan kumpulan keterampilan, pengetahuan, kemampuan dan proses terkait. Sebuah perusahaan yang telah mengembangkan sebuah kompetensi dalam memproduksi barang miniatur setidaknya akan mendapatkan keuntungan sementara karena perusahaan lain akan sangat sulit untuk meniru proses, keterampilan, pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk kompetensi tersebut.

Kemampuan inovatif

Paling sering, perusahaan memperoleh keunggulan melalui inovasi. Produk inovatif, proses atau model bisnis baru memberikan daya saing yang kuat karena menjadi penggerak utama.

2 bentuk dasar dari Keunggulan Kompetitif

Porter telah mengidentifikasikan 2 bentuk dasar dari keunggulan kompetitif, yaitu:

Keungglan biaya

Porter berpendapat bahwa sebuah perusahaan dapat mencapai kinerja yang superior dengan menghasilkan produk atau layanan yang serupa namun dengan biaya lebih rendah. Dalam hal ini, perusahaan menjual produk dengan harga yang sama dengan pesaing namun menuai keuntungan margin yang lebih tinggi karena biaya produksi lebih rendah. Perusahaan yang mencoba mencapai keunggulan biaya adalah mengejar strategi kepemimpinan biaya.

Keunggulan diferensiasi

Keunggulan diferensiasi dicapai dengan menawarkan produk dan layanan unik dan membebankan harga premium untuk itu. Strategi diferensiasi digunakan dalam situasi ini dan perusahaan  lebih condong untuk melakukan branding, periklanan, desain, kualitas dan pengembangan produk baru daripada efisiensi, outsourcing atau inovasi proses. Pelanggan bersedia membayar harga yang lebih tinggi hanya untuk fitur unik dan kualitas terbaik.

Strategi kepemimpinan dan diferensiasi biaya bukanlah satu-satunya strategi yang digunakan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Strategi inovasi digunakan untuk mengembangkan produk, proses, atau model bisnis baru atau lebih baik yang memberikan keunggulan kompetitif daripada pesaing.

One Reply to “Keunggulan Kompetitif Perusahaan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *