Integrasi Horizontal

Integrasi horizontal adalah proses mengakuisisi atau penggabungan dengan pesaing, yang mengarah ke konsolidasi industri.

Integrasi horizontal adalah strategi di mana perusahaan mengakuisisi, merjer atau mengambil alih perusahaan lain dalam rantai nilai industri yang sama.

Ini adalah jenis strategi integrasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperkuat posisinya di suatu industri. Perusahaan yang menerapkan jenis strategi ini biasanya melakukan merger atau mengakuisisi perusahaan lain yang berada dalam tahap produksi yang sama. Misalnya, Disney bergabung dengan Pixar (produksi film), Exxon dengan Ponsel (produksi minyak, penyulingan dan dist ribution) atau merger Daimler Benz dan Chrysler yang terkenal (pengembangan mobil, manufaktur dan ritel).

Tujuan integrasi horizontal (HI) adalah untuk menumbuhkan perusahaan dalam ukuran, meningkatkan diferensiasi produk, mencapai skala ekonomi, mengurangi persaingan atau mengakses pasar baru. Ketika banyak perusahaan mengejar strategi ini dalam industri yang sama maka hal ini mengarah pada konsolidasi industri (oligopoli atau bahkan monopoli).

HI dapat terjadi dalam bentuk merger, akuisisi atau pengambilalihan. Merger adalah gabungan dari dua ukuran yang sama, perusahaan independen untuk membuat satu entitas bersama. Akuisisi adalah pembelian perusahaan lain.

HI mungkin merupakan strategi yang efektif ketika:

  • Organisasi bersaing dalam industri yang sedang tumbuh.
  • Pesaing kekurangan beberapa kemampuan, kompetensi, keterampilan, atau sumber daya yang dimiliki perusahaan.
  • HI akan mengarah pada monopoli yang diizinkan oleh pemerintah.
  • Skala ekonomi akan memiliki efek yang signifikan.
  • Organisasi memiliki sumber daya yang cukup.

Diagram berikut mengilustrasikan HI dalam industri manufaktur:

Perbedaan antara integrasi horizontal dan vertikal

HI berbeda dari integrasi vertikal, di mana perusahaan biasanya meluas ke tahap produksi lain daripada menggabungkan atau mengakuisisi perusahaan dalam tahap produksi yang sama. Sebagai contoh, sebuah perusahaan secara vertikal terintegrasi jika ia berekspansi dari industri manufaktur ke industri ritel, sedangkan HI berarti membeli perusahaan lain di industri manufaktur yang sama.

Contoh Integrasi Horizontal

Perusahaan yang Menggunakan Integrasi Horizontal

Perusahaan yang Mengakuisisi

Perusahaan yang Diakuisisi

Grab Indonesia Uber Indonesia
Semen Indoensia Thang Long Cement Vietnam
Phillip Morris PT HM Sampoerna
PT XL Axiata Tbk PT Axis Telekom Indonesia

Keuntungan integrasi horizontal

  1. Mengurangi biaya. Hasil HI adalah satu perusahaan besar, yang menghasilkan lebih banyak layanan dan produk. Output yang lebih tinggi mengarah ke skala ekonomi yang lebih besar dan efisiensi yang lebih tinggi.
  2. Peningkatan diferensiasi. Perusahaan gabungan dapat menawarkan lebih banyak fitur produk atau layanan.
  3. Meningkatkan kekuatan pasar. Perusahaan yang lebih besar memiliki kekuatan lebih besar atas pemasok dan distributor / pelanggannya.
  4. Persaingan berkurang. Hasil dari konsolidasi industri adalah lebih sedikit perusahaan yang beroperasi di industri dan persaingan yang kurang ketat.
  5. Akses ke pasar baru. Pasar baru dan saluran distribusi dapat diakses dengan mengintegrasikan dengan perusahaan yang memproduksi barang yang sama tetapi beroperasi di wilayah yang berbeda atau melayani segmen pasar yang berbeda.

Kekurangan strategi

  1. Menghancurkan Nilai. Merger & Akusisi jarang menambah nilai bagi perusahaan. Lebih sering Merger & Akuisisi gagal dan menghancurkan nilai perusahaan yang terlibat di dalamnya karena sinergi yang diharapkan tidak pernah terwujud.
  2. Reaksi hukum. HI dapat menyebabkan monopoli, yang sangat tidak disarankan oleh banyak pemerintah karena kurangnya persaingan. Oleh karena itu, pemerintah biasanya harus menyetujui Merger & Akuisisi yang lebih besar sebelum mereka dapat terjadi.
  3. Fleksibilitas berkurang. Organisasi besar lebih sulit dikelola dan mereka kurang fleksibel dalam memperkenalkan inovasi ke pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *