Cara Mudah Menghitung Market Share

Posted on

Kali ini, Badowi akan berbagi cara menghitung market share dari sebuah usaha. Apakah sudah tahu, kalau sebuah usaha selama ini punya market share berapa persen? Atau justru belum tahu, kalau market share itu sangat penting buat usaha Anda? Apakah sebetulnya market share itu, dan kenapa perlu kita hitung untuk mengukur capaian usaha kita. Mari kita bahas bareng di TUTORIAL BISNIS edisi CARA MENGITUNG MARKET SHARE.

Nah pada tutorial bisnis ini kita akan mengambil contoh studi kasus yaitu perusahaan kuliner atau restoran yang ada di Surabaya. Kemudian sebelum kita menghitung market share usaha kita. Kalian perlu tahu nih, apa sih sebetulnya market share itu? Kalau sederhananya, market share itu seberapa banyak sih jumlah konsumen yang makan di restoran kalian. Ibaratnya itu kayak kalau kita makan kacang ya. Jumlah butir kacang dalam satu bungkus itu misal ada 100 butir nih. Nah yang kita ambil itu misal Cuma 20 butir. Jadi market share kita sebanyak 20% dari total 100 tadi.

Kemudian sebelum kita menghitung market share, kalian perlu tetapkan terlebih dahulu siapa sih sebenarnya target konsumen restoran kalian. Jadi sangat penting ya mengetahui target spesifik dari usaha kita. Lalu misalnya, dalam studi kasus ini restoran kalian mentarget konsumen yaitu karyawan kantor dan keluarga. Kita perlu kasih target yang spesifik ya, misalnya karyawan kantor instansi swasta, misal yang sudah berpenghasilan diatas 7 juta per bulan. Lalu untuk target keluarga yaitu mereka yang sering melakukan family gathering atau makan malam bersama. Tentunya tipe keluarga seperti ini adalah kelas menengah dan atas ya. Jadi menentukan target konsumen itu juga harus sesifik segmennya. nanti di video TUTORIAL BISNIS selanjutnya, aku akan bikin konten tetang cara menentukan segment pasar yang lebih detail.

Ok. Kalian perlu tentukan dulu. Siapa target konsumen restoran anda sekarang. Sebelum kita lanjut ke metode perhitungan yang lebih rinci. Aku kasih waktu 30 detik.

Ok. Aku asumsikan, kalian sudah menetukan target konsumen dan segmentnya. Mari kita mulai cara menghitung market share.

Semisal perusahaan sudah memiliki data dari jumlah penjualan, bisa diketahui seberapa banyak konsumen yang datang di setiap bulan. Misalnya setiap bulan 1 lokasi restoran memiliki kunjungan konsumen sebanyak 3000 orang. Nah perusahaan kalian, aku asumsinya memiliki 5 lokasi ya , yang ada di Surabaya. Lalu total keseluruhan konsumen dari kelima lokasi yaitu 15.000, ini jika diasumsikan semua lokasi restoran memiliki jumlah konsumen yang sama. Kita ambil satu target market restoran kalian yaitu karyawan kantor dari perusahaan swasta. Saya coba buat perkiraan. Jumlah total karyawan swasta di kota Surabaya misalnya 50.000 orang. Nah, Dari total 50.000 itu, kita perlu tahu seberapa banyak karyawan yang sudah berpenghasilan diatas 7 juta. Karena kita membidik karyawan yang sudah memiliki penghasilan diatas rata-rata atau diatas UMK Surabaya. Nah, perlu kalian tahu kenapa factor penghasilan itu penting. Karena ini terkait sama price list atau harga menu makanan di restoran kalian ya. Misal menu makanannya 1 porsi bisa diatas 100 ribu, maka kalian perlu mentarget karyawan yang berpenghasilan diatas rata-rata. Kita asumsikan dari data yang ada, jumlah karyawan yang berpenghasilan diatas 7 juta yaitu 50% dan yang lainnya mungkin masih dibawah 7jt. Jadi kalian perlu fokus dalam menentukan target sehingga kita bisa mengetahui seberapa banyak jumlahnya. Nah kalau jumlah karyawan yang dibidik di Surabaya ada 50% sehingga konsumen tersebut sebetulnya sebanyak 25.000 orang. Kita kembali data kunjungan tiap bulan yaitu 15.000 orang. Jadi, total konsumen kita yaitu 15rb dibagi seluruh karyawan swasta di Surabaya yaitu 25.000 kalikan 100%, maka market Share dari restoran kalian yaitu sebesar 60%.

Nah, begitu caranya menghitung market share. Mudah kan ? Ok. Kita akan menghitung market share untuk target yang kedua yaitu keluarga yang ada di Surabaya dengan kelas menengah dan atas. Tapi sebelum kita lanjut, kalian perlu praktik dulu ya. Silahkan hitung target konsumen anda yang pertama seperti cara yang sudah aku share barusan.

TUTORIAL BISNIS: CARA MUDAH HITUNG MARKET SHARE DALAM 5 MENIT
YOUTUBE : BUSINESS INSIGHT

Ok,, mari kita lanjutkan untuk menghitung berapa besar market share dari target konsumen yang kedua. Secara sederhana, caranya sama seperti menghitung target market yang pertama tadi.

Semisal kita punya data pembelian di restoran kalian, bisa dari survei yang dilakukan oleh manajemen restoran. Aku perkirakan jumlah kunjungan acara family gathering atau makan malam keluarga yaitu sebanyak 100 kunjungan dalam satu bulan dari seluruh lokasi retoran. Rata-rata per kunjungan ada 5 sampai 10 orang. Jadi jumlah konsumen dari target pasar keluarga yaitu sekitar 500 sampai 1000 orang per bulan. Nah kita ambil nilai tengahnya saja ya yaitu 750 orang. Lalu kalian perlu tahu data jumlah keluarga yang ada di kota Surabaya. Sebut saja, jumlah keluarga kelas menengah dan atas yang ada di Surabaya sebanyak 10.000 kepala keluarga. Lalu jumlah anggota per satu keluarga ada 5 sampai 10 orang. berarti total konsumen sekitar 50.000 sampai 100.000. Terus kita ambil nilai tengahnya saja yaitu 75.000 orang. Sehingga ketemu total market Share yang dimiliki oleh restoran kalian yaitu sekitar 1%. Caranya, 750 konsumen dibagi 75.000 total family member dikalikan 100 persen.

Nah bagaimana rekan-rekan business insight. Kalian sudah tahu ya jumlah konsumen dan Market Share restoran kalian. Oiya, aku ada lima tips buat kalian agar lebih mudah dalam menghitung market share.

Pertama, tentukan target konsumen, Lalu segmen pasar yang ingin kalian bidik.

Kedua, tentukan berapa besar target market share restoran setiap tahunnya. Jadi ini bisa kalian pakai untuk bahan evaluasi kinerja restoran tiap tahun.

Ketiga, kalian perlu mencatat jumlah kunjungan konsumen di restoran kalian tiap bulan.

Keempat, kalian juga perlu tahu. Berapa total perkiraan seluruh konsumen yang ada di arena bisnis kalian. Misalnya tadi di studi kasus yaitu jumlah konsumen di Surabaya.

Kelima, selalu hitung jumlah pembeli yang sudah kalian dapatkan setiap bulannya, dibandingkan dengan total konsumen, sebagai bahan evaluasi bulanan ya. Supaya restoran kalian, bisa mendapatkan target di akhir tahun.

Oke, itu tadi TUTORIAL BISNIS edisi cara menghitung market share.

Saya Badawi untuk tutorial bisnis. Sampai jumpa di artikel berikutnya. terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *